Rabu, 03 Agustus 2011

Cara Memasukkan Video ke Halaman Artikel Website/Blog

Video sharing site seperti YouTube, Vimeo ataupun Yahoo! video memiliki fitur dimana user dapat memasukkan (meng-embed) video ke halaman website atau blog. Akhir-akhir ini saya mendapat pertanyaan dari banyak teman bagaimana caranya.
Saya akan mengambil contoh dari YouTube, untuk video lain atau jika anda menyimpan video tersebut di server sendiri, caranya tidak jauh berbeda dan konsepnya sama.
1. Pertama-tama silahkan menuju website YouTube dan pilih video yang anda inginkan. Klik link nya dan anda akan diantar ke halaman video tersebut dari halaman muka YouTube.
2. Di frame sebelah kanan layar video, ada tulisan EMBED, copy code-nya yang terlihat seperti dibawah ini:
codeyoutube
3. Di dashboard WordPress anda, klik WRITE NEW POST, pilih mode HTML di Post Editor anda dan Paste code tersebut. Hasilnya, video anda sudah siap tetapi masih berada di kiri wilayah artikel.
4. Agar video tersebut tepat berada di tengah (untuk WordPress) simpan code ini sebelum code dari objek video:

dan code ini setelah code objek video:

5. Standar ukuran video YouTube adalah 425px untuk lebar dan 344 px untuk tinggi. Untuk mengubah ukuran video tersebut, klik VISUAL mode di Post Editor anda. Klik di objek video nya, dan drag hingga ukurannya mencapai ukuran yang anda inginkan. Jangan lupa perhatikan lebar wilayah post anda agar video tidak keluar wilayah.
Hasil video berukuran 500 X 406 px dan berada ditengah-tengah artikel akan terlihat seperti ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar